Siapakah Pengibar Bendera Merah Putih Pertama saat Proklamasi Kemerdekaan? Ini Jawabannya (2024)

Table of Contents
Buntut Dugaan Pemilu Curang, Tokoh Militer, Budayawan, hingga Pemuda Dirikan Sekber F-PDR Kisah Suryo Prabowo Saksikan Sang Saka Merah Putih Berkibar Terakhir Kalinya di Timor Timur Abdul Kahar Muzakkir, Sosok yang Berperan Menjembatani Persahabatan Palestina dan Indonesia Kabar Duka, Tokoh Otomotif Soebronto Laras Tutup Usia 4 Fakta Oerip Soemohardjo, Eks Perwira KNIL yang Menjadi Jenderal TNI 6 Fakta Luhut Binsar Pandjaitan, Sosok Menteri yang Ternyata juga Pendiri Sat-81 Kopassus Kehidupan Hukum selama 78 Tahun Merdeka Sambut Pilkada Kota Tangerang 2024, Tokoh: Kita Butuh Pemimpin Muda Siapa Riken Yamamoto? Arsitek Jepang yang Menang Pritzker 2024 Lailatulqadar: Rasulullah SAW Mengencangkan Kain Bawahnya, Menghidupkan Malamnya Komunitas Muslim Belgia Sambut Ramadhan di Tengah Lockdown Masjid-masjid di Asia Kosong pada Hari Pertama Ramadhan Rasa Bahagia Saat Berpuasa yang Jarang Disadari Tips Menahan Hawa Nafsu dan Amarah Saat Puasa Ramadhan Nasihat Habib Umar Agar Istiqamah di Bulan Ramadhan Profil Letjen Tandyo Budi Revita, Orang Nomor 2 di TNI AD KPU Tetapkan Hasil Pileg 2024, Ini Daftar 8 Parpol Lolos ke DPR Deretan KSAU Terlama di Era Jokowi, Nomor 5 Paling Singkat Menjabat 364 Hari 5 Fakta Kontak Senjata KKB Papua vs TNI di Puncak Jaya, 1 Anggota Marinir Gugur PDIP Jadi Pemenang Pemilu 2024, Raih 16,72% Suara Profil Letjen Tandyo Budi Revita, Orang Nomor 2 di TNI AD KPU Tetapkan Hasil Pileg 2024, Ini Daftar 8 Parpol Lolos ke DPR Deretan KSAU Terlama di Era Jokowi, Nomor 5 Paling Singkat Menjabat 364 Hari 5 Fakta Kontak Senjata KKB Papua vs TNI di Puncak Jaya, 1 Anggota Marinir Gugur PDIP Jadi Pemenang Pemilu 2024, Raih 16,72% Suara

Siapakah Pengibar Bendera Merah Putih Pertama saat Proklamasi Kemerdekaan? Ini Jawabannya (1)

Selasa, 02 Agustus 2022 - 11:49 WIB

loading...

Siapakah Pengibar Bendera Merah Putih Pertama saat Proklamasi Kemerdekaan? Ini Jawabannya (2)

Bendera Merah Putih biasanya berkibar menjelang hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus. Foto DOK SINDOnews

A A A

JAKARTA - Bendera Merah Putih biasanya berkibar menjelang hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus. Pengibaran Bendera Merah Putih pertama kali dilaksanakan pada hari kemerdekaan Indonesia bertepatan pada acara pembacaan proklamasi tahun 1945.

Bendera pusaka itu dijahit oleh Ibu Fatmawati dengan ukuran yang cukup besar sebelum dikibarkan. Terdapat pula tokoh yang menjadi pengibar Bendera Merah Putih kala itu.

Namun untuk pengibaran selanjutnya bendera tersebut tidak pernah digunakan lagi dan digantikan dengan bendera duplikat.

Baca juga : Kemerdekaan, Tunas Solidaritas dan Bangsa Pemenang

Lalu siapakah tokoh yang mengibarkan Bendera Merah Putih pertama kali ini? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber :

1. Abdul Latief Hendraningrat

Sebelumnya Raden Mas Abdul Latief Hendraningrat merupakan prajurit Pembela Tanah Air (PETA). Pada pagi hari saat hari kemerdekaan Indonesia dia sempat mengatakan ke tentara Jepang yang mengawasi Daidan akan bahwa akan melakukan latihan di kota bersama rekan rekannya.

Hal tersebut bertujuan untuk menipu tentara Jepang supaya tidak mengetahui kegiatan pembacaan teks proklamasi yang hendak diadakan.

Pada saat upacara proklamasi diadakan Latief berada di sebelah Ir. Soekarno ketika teks proklamasi dibacakan.

Kala itu dia sempat bingung karena tiba-tiba Bendera Merah Putih diberikan padanya. Latief pada saat itu membulatkan tekad untuk mengambilnya.

Halaman :

Baca Berita Terkait Lainnya

Berita Terkait

Siapakah Pengibar Bendera Merah Putih Pertama saat Proklamasi Kemerdekaan? Ini Jawabannya (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Moshe Kshlerin

Last Updated:

Views: 5794

Rating: 4.7 / 5 (77 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Moshe Kshlerin

Birthday: 1994-01-25

Address: Suite 609 315 Lupita Unions, Ronnieburgh, MI 62697

Phone: +2424755286529

Job: District Education Designer

Hobby: Yoga, Gunsmithing, Singing, 3D printing, Nordic skating, Soapmaking, Juggling

Introduction: My name is Moshe Kshlerin, I am a gleaming, attractive, outstanding, pleasant, delightful, outstanding, famous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.